Home > Solid State > Modif OCL 150 Watt

Modif OCL 150 Watt

9 November 2022

Karena gugel tidak juga men-crawl gambar di gugel sites saya (Nyetrum), maka sementara ini akan saya gunakan wordpress ini hanya sebagai loncatan kesana. Jadi, kemungkinan saya tidak akan menjawab komentar.


Tujuan modifikasinya supaya suaranya bisa sedikit lebih detail. Meski begitu gak akan bisa sedetail ampli dengan open loop gain tinggi.

Mengganti tweeter dengan tweeter yang lebih bagus akan lebih berdampak (pada suara) dari pada memodifikasi amplifier. Menurut saya menggunakan Tweeter Piezzo pada daya rendah masih bagus. Namun begitu digeber suaranya pecah gak karuan, cuman pedes doang gak ada detailnya.

Tweeter yang bagus menurut saya adalah dome tweeter. Soft dome tweeter (misal bahan kertas atau mika) karakternya sedikit kurang detail & gak bisa pedas (& kurang bisa ciss). Jadi yang paling bagus adalah Hard dome tweeter (misal bahan titanium), bisa detail di frek mid-high tapi gak pecah & pedas seperti piezzo (saat digeber).

Modif OCL 150W
PCB OCL 150 Watt Modifikasi

Kalau mau mod Capacitance Multiplier (untuk meningkatkan PSRR/minimalisir hum) bisa cek di OCL Quasi MOSFET.

Artikel modifikasi OCL 150W lengkap dan file PCB ada di bit.ly/Nyetrum